Sabtu, 05 Januari 2013

cake ketan hitam

Bikin cake tapi yang legit dan bukan dr tepung terigu juga bisa, ini cake ketan hitam yang gak kalah enak sama cake cake yang lain, dibikin panggang atau di kukus juga sama sama enak, terkadang butiran tepungnya lebih berasa seperti berpasir tapi buat saya di sinilah enaknya terkadang saya menemukan kendala ada yang berwarna benar benar hitam ada yang ke abu abuan, ada yang halus ada yang berpasir, tau dech merek tepung yang lain mungkin enggak.Coba yuk bikin yang di kukus dulu, 



Ketan Hitam

Cake ketan hitam ( kukus )

5 butir telur utuh
200 gr gula pasir
75 gr gula palem (pake gula merah disisir halus)
1 sdt sp 
350 gr tepung ketan hitam
1/2 sdt garam halus
150 ml minyak goreng kualitas baik
200 ml santan yang sudah didihkan dg garam (dinginkan yah)
vanili

Kocok telur gula dan sp hingga mengembang dan putih lalu masukan vanili, kecilkan kecepatan mixer masukan tepung ketan hitam secara bertahap setelah tercampur rata matikan mixer, tuang santan dan minyak perlahan sambil di aduk dg spatula hingga tercampur.
Siapkan loyang kotak ukuran 22x22 cm olesi dg minyak. Didihkan air di panci dandang sampai beruap banyak, jika menggunakan panci biasa maka tutup panci di tutup dengan kain agar uap air tidak jatuh ke adonan.
Tuang adonan pada loyang dan kukus selama 30 menit atau bisa juga dengan mengukus 1/2 adonan terlebih dahulu dan setelah 10 menit tuang adonan sisa kemudian kukus lagi 20 menit dg api sedang.
Setelah 30 menit angkat balik dan dinginkan baru siap di potong potong.

bila suka bisa sajikan dengan parutan kelapa 1/2 tua yang sudah di kukus dan di garami sedikit

Tidak ada komentar: